">

Minggu, 08 Mei 2011

TELEKOMUNIKASI INTERNET DAN TEKNOLOGI NIRKABEL

Dalam bab ini kita terlebih dahulu dapat memahami/mengartikan maksud dari telekomunikasi, internet dan teknologi nirkabel.
• Telekomunikasi
Sistem Telekomunikasi adalah Kumpulan perantik keras dan lunak yang sesuai yang diatur untuk mengokunikasikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
• Internet
Internet adalah jaringan dari jaringan global menggunakan standar universal untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda. atau dengan kata lain internet berasal dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memilki identitasnya sendiri, menjadi jaringan saling terhubung.
• Teknologi Nirkabel
Teknologi Nirkabel adalah jaringan system yang menggunakan kabel untuk mengakses suatu informasi.
Sebuah jaringan sederhana terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Komponen-komponen dasar jaringan adalah komputer, penghubung jaringan, medium koneksi, perantik lunak sistem operasi jaringan, hub atau switch.
Hub adalah perantik yang sangat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data ke semua perantik yang terhubung.Sedangkan
Switch adalah perantik yang menghubungkan komponen jaringan yang lebih cerdas daripada hub dan dapat menyaring dan mengirim data ke tujuan tertentu.
Infrastruktur jaringan untuk perusahaan besar bergantung pada infrastruktur public dan swasta untuk mendukung pergerakan informasi melewati bermacam platform teknologi.Diantaranya adalah sistem telepon tradisiona, komunikasi seluler mobile, LAN nirkabel, sistem koferensi video, dan situs web perusahaan, intranet, ekstranet, dan susunan LAN dan WAN, termasuk internet. Kumpulan jaringan ini berkembang dari dua jenis jaringan yang berbeda secara mendasar: jaringan telepon dan jaringan komputer.
Teknologi Utama Dalam Jaringan Digital
- Komputasi Klien/Server
adalah sebuah model komputasi terdistribusi dimana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal dibawah kendali pengguna, dan tersimpan pada PC, Laptop atau perangkat perangkat genggam.
- Packet Switching
Packet Switching adalah teknologi yang memecah pesan menjadi paket data berukuran kecil dan mengarahkan paket tersebut seekonomis mungkin melalui jalur komunikasi yang tersedia.
- TCP/IP dan Konektivikasi
Transmission Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP) adalah model dominan untuk mendapatkan konektivikasi antarjaringan berbeda yang menyediakan metode umum disetujui untuk memecah pesan digital menjadi paket, mengarahkan pesan-pesan tersebut kealamat yang tepat, dan kemudian menyamankan pesan tersebut menjadi pesan yang teratur dari sebelumnya.
Ada empat lapisan TCP/IP dari department pertahanan AS adalah sebagai berikut:
1. Lapisan aplikasi
2. Lapisan transport
3. Lapisan internet
4. Lapisan antarmuka jaringan
JENIS JARINGAN
1. Local Area Network (LAN) adalah jaringan telekomunikasi yang membutuhkan jaringan tersendiri dalam jarak terbatas, biasanya dalam satu gedung atau beberapa gedung dalam jarak terbatas. cakupan wilayah LAN yaitu hingga 500 meter (setengah mil) satu lantai kantor atau bangunan.
2. Campus Area Network (CAN) adalah jaringan area local yang saling terhubung dalam daerah geografis terbatas seperti sekolah atau kampus. cakupan wilayah CAN yaitu hingga 1000 meter (satu mil) kampus perguruan tinggi atau fasilitas perusahaan
3. Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang manangani area metropolitan, biasanya sebuah kota dan kota kecil disekitarnya cakupan geografis adalah antara WAN dan LAN.
4. Wide Area Network (WAN) /jaringan area luas adalah jaringan telekomunikasi yang menangani daerah geografis luas yang terdiri atas kabel, satelit, dan teknologi gelombang mikro. cakupan wilayah WAN yaitu area antar benua atau global.
MEDIA TRANSMISI FISIK
1. Kabel Ulir
2. Kabel Koaksial
3. Serat optik dan jaringan Optik
4. Media dan perangkat transmisi nirkabel
5. Kecepatan transmisi

1. Domain Name System (DNS)
a. Nama Domain
Nama domain adalah seperti bahasa Inggris yang sesuai dengan nomor 32 bit alamat IP uang unik untuk setiap komputer yang terhubung pada internet.
b. DNS memiliki struktur , bagian atas adalah domain akar (root). Domain anak dari akar disebut domain tingkat dua (second level). Domain tingkat atas adalah dua dan tiga nama karakter yang dikenal di web, seperti: .com, .edu, dll.
2. Arsitektur dan Tatakelola Internet: gambar sistem nama domain:

Penjualan




3. Internet Masa Depan: Ipv6 dan Internet2
Perangkat Informasi (information appliace) adalah suatu perangkat yang mendukung internet atau penerima internet tv untuk akses web dan e-mail yang dibuat untuk menjalankan sedikit tugas komputasi khusus dengan baik dengan upaya minimal penggunanya.

1. Hiperteks
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah standar komunikasi yang digunakan untuk transfer halaman web. HTTP adalah rangkian huruf yang pertama yang terletak pada awal dari setiap alamat web, diikuti oleh domain, yang menentukan komputer server mana dalam perusahaan yang menyimpan dokumen tersebut.
2. Server Web
Server web adalah pernati lunak untuk mencari dan mengelola halaman Web yang disimpan.
3. Mencari Informasi di web
a. Mesin Pencari
b. Bot Belanja Cerdas
c. Web 2.0
1) Blog , istilah yang populer untuk Weblog adalah sebuah situs Web terstruktur yang masih belum resmi di mana individu yang berlangganan dapat menerbitkan cerita, opini, dan link ke situs web lainnya.
2) RSS (Rich Site Summary), menggabungkan isi situs Web sehingga dapat digunakan dalam keadaan lainnya.


INTRANET DAN EKSTRANET
1. Intranet adalah organisasi menggunakan standar jaringan internet dan teknologi Web untuk menciptakan jaringan pribadi .
2. Ekstranet adalah manajemen rantai pasokan, perancangan dan pengembangan produk dan pelatihan


TEKNOLOGI DAN PERANGKAT UNTUK KOMUNIKASI DAN E-BUSINESS
1. E-Mail, Chat, Pesan Instan, dan Diskusi Elektronik
a. E-Mail adalah surat elektronik yang memungkinkan pesan-pesan untuk dipertukarkan satu komputer ke komputer lain.
b. Chat adalah berkomunikasi dua atau lebih orang yang terhubung ke internet secara bersamaan mengadakan percakapan langsung atau interaktif.
c. Pesan instan (instan messaging) adalah sejenis layanan chat di mana para pesertanya dapat menciptakan saluran chat pribadi mereka sendiri.
d. Esenet adalah kelompok diskusi dunia yang ada pada papan buletin elektronik internet di mana orang-orang berbagai informasi dan ide mengenai topik tertentu seperti radiologi atau band rock.
2. Groupware dan Konferensi Elektronik
Groupware memberikan kemampuan untuk mendukung komunikasi keseluruhan perusahaan dan pekerjaan kolaboratif.
3. Internet Telephony
4. Virtual Private Network (VPN)
VPN adalah jaringan pribadi yang aman dan terenkripsi yang telah dibentuk dalam jaringan publik untuk mengambil manfaat dari skala ekonomis dan fasilitas manajemen jaringan besar.


REVOLUSI NIRKABEL
Komunikasi nirkabel membuat perusahaan lebih mudah berhubungan dengan pelanggan, pemasok, dan karyawan, serta memberikan pengaturan yang lebih fleksibel dalam mengelola pekerjaan.


PERANGKAT NIRKABEL
Perangkat-perangkat nirkabel, yaitu:
1. PC
2. Telepon seluler
3. Personal digital assistent (PDA)
4. Perangkat genggam e-mail
5. Smart phone


SISTEM SELULER
1. Standar dan Generasi Jaringan Seluler
a. Global System for Mobile Communication (GSM) adalah kemampuan roaming internasional.
b. Code Division Multiple Acces (CDMA) melakukan transmisi melalui beberapa frekwensi, menduduki seluruh spekturm dan memberikan frekwensi acak dari waktu ke waktu kapada para penggunanya.
2. Generasi Seluler
a. Layanan Pesan Singkat : SMS (short Message service)
b. Jaringan Geberasi Ketiga: 3G (third-generation)
c. Jaringan 2,5G (2,5G network)
3. Standar Nirkabel Mobile untuk Akses Web


JARINGAN KOMPUTER NIRKABEL DAN AKSES INTERNET NIRKABEL
1. Bluetooth
Bluetooth adalah standar jaringan nirkabel 802.15 yang dapat menciptakan personal area network (PAN) kecil.
2. Wi-fi
Wireless fidelity (Wi-fi) ; kumpulan standar IEEE untuk LAN nirkabel adalah keluarga 802.11.
3. Wi-fi dan Akses Internet Nirkabel
4. WiMax
WiMax adalah Worldwide Interoperability for Microwave Acces.
5. Layanan Seluler Broadband Nirkabel
7.4.4 RFID DAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL
1. Radio Frequency Identification (RFID)
Wireless Sensor Network 

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN DALAM DUNIA BISNIS DEWASA INI
Komputer digunakan bersamaan dengan penggunaan internet, email, telepon seluler, dan komputer mobile yang terhubung ke jaringan nikabel untuk tujuan bisnis.


TREN DALAM DUNIA JARINGAN DAN KOMUNIKASI
Berkat deregulasi telemkomunikasi dan dan inovasi teknologi informasi terus menerus, jaringan telepon dan komputer perlahan bersatu menjadi sebuah jaringan digital menggunakan standar dab perangkat berbasis internet.


APAKAH JARINGAN KOMPUTER ITU?
1. Sistem operasi jaringan (network oprating system-NOS) mengarahkan dan mengelola komunikasi pada jaringan dan mengkoordinasi sumber daya jaringan.
2. Komputer server terdedikasi (dedicated server computer) merupan tempat NOS untuk semua aplikasi dan jaringan
3. Komputer server jaringan adalah sebuah komputer dalam jaringan yang melakukan fungsi-fungsi jaringan yang penting untuk komputer klien, seperti melayani permintaan halaman Web, menyimpan data, dan menyimpan NOS.
4. Hub adalah pernagkat sederhana yang menghubungkan komponen jaringan, mengirimkan paket data pada semua perangkat yang terhubung lainnya.
5. Switch adalah memiliki kemampuan lebih dari hub dan dapat menyaring serta meneruskan data ke tujuan tertentu LAN. Jadi hub dan switch menghubungkan perangkat pada suatu LAN.
6. Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan dua jaringan atau lebih


TEKNOLOGI UTAMA DALAM JARINGAN DIGITAL
Jaringan digital dan internet didasarkan pada tiga teknologi utama:
1. Komputasi Klien/Server
Komputasi Klien/server adalah sebuah model komputasi terdistribusi di mana beberapa tenaga pemrosesan yang ditempatkan dalam komputer klien yang kecil dan tidak mahal di bawah kendali pengguna dan tersimpan pada PC, laptop, atau perangkat genggam.
2. Packet Switcing
Packet switcing adalah metode membagi pesan digital menjadi paket-paket, mengirimkan kembali paket tersebut segera setelah sampai ke tempat tujuan.
3. TCP/IP dan Konektivitas
a. Protokol (protocol)
Protokol adalah sekumpulan aturan dan prosedur yang mengatur transmisi informasi di antara dua titik di dalam jaringan.
b. Protokol kendali transmisi/protokol internet
Protokol kendali trnasmisi/protokol internet jaringan perusahaan yang berkembang dengan standar tunggal yang umum dan mendunia.

JARINGAN KOMUNIKASI
SINYAL: DIGITAL VERSUS ANALOG
Perbedaan paling mendasar dalam jaringan komunikasi adalah antara sinyal analog dan digital. Terdapat dua cara untuk menyampaikan sebuah pesan, yaitu: dengan sinyal analog dan digital.
1. Sinyal analog diwakili oleh bentuk gelombang kontinu melalui suatu medium komunikasi dan telah digunakan untuk komunikasi suara.
2. Sinyal digital bentuk gelombang biner yang berbeda dari gelombang kontinu.


JENIS JARINGAN
Terdapat banyak jenis jaringan yang berbeda dan berbagai cara mengelompokannya. Salah satu caranya adalah membaginya berdasarkan jangkauan geografisnya.
1. Local Area Network (LAN)
Local arena network (LAN) dibentuk untuk menghubungkan PC dan perangkat digital lainnya dalam radius setengah mil atau 500 meter.
2. Metropolitan dan Wide Area Network
Wide area network (WAN) menjangkau daerah geografis yang besar senatero kawasan, negara, benua, atau seluruh dunia.


MEDIA TRANSMISI MUSIK
Jaringan menggunakan berbagai media transmisi fisik, termasuk kabel ulir, kabel koaksional, serat optik, gelombang mikro, dan frekwensi radio lain untuk transmisi nirkabel.
1. Kabel Ulir
Kabel ulir (twisted wire) terdiri atas sepasang kabel tembaga yang dipilin dan merupakan jenis medium transmisi yang sudah agak usang.
2. Kabel Koaksial
Kabel koasial (coaxial cable), serupa yang digunakan untuk tv kabel, berisi kabel tembaga tunggal, diisolasi secara rapat, dan dapat mentrasmisi volume data yang lebih besar dari kabel ulir.
3. Serat Optik dan Jaringan Optik
a. Serat Optik (fiber-optic cable)
Serat optik terdiri atas kabel kaca yang jernih, masing-masing setebal rambut manusia yang diikat dengan kabel. Data diubah menjadi pulsa cahaya yang dikirim melalui kabel serat optik oleh perangkat laser dengan kecepatan bervariasi.
b. Jaringan Optik (optical network)
Jaringan ini dapat menstransmisi semua jenis data-suara, data, dan video- melalui serat optik dan menyediakan bandwidh yang besar untuk banyak jenis layanan dan peranti lunak yang baru.
4. Media dan Perangkat Transmisi Nirkabel
a. Gelombang Mikro
Gelombang mikro (microwave) menstransmisikan sinyal radio berfrekwensi tinggi melalui atmosfir dan digunakan secara luas untuk komunikasi bervolume tinggi, jarak jauh, dan titik ke titik.
b. Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi ; sinyal gelombang mikro yang ditransmisikan dari stasiun bumi.
5. Kecepatan Transmisi
Bandwidth adalah perbedaan antara frekwensi tertinggi dan terendah yang terdapat dalam satu saluran tunggal. Jarak dari frekwensi yang dapat dilayani dalam saluran telekomunikasi tertentu.


LAYANAN DAN TEKNOLOGI JARINGAN BROADBAND
1. frame Relay
frame relay adalah layanan jaringan bersama yang lebih cepat dan lebih murah dari packet switching dan dapat mencapai kecepatan transmisi dari 56 Kbps hingga lebih dari 40 Mbps.
2. Mode Transfer Asinkron
Mode tranfer asinkron sebuah teknologi yang dapat menangani banyak jenis lalu lintas jaringan dan memberikan kecepatan transmisi dari 1.5 Mbps hingga lebih dari 9 Gbps.
3. Integrated Services Digital Network (ISDN)
Integrated services digital network adalah standar telepon internasional yang lebih kuno untuk diakses jaringan yang menggabungkan layanan suara, data, gambar, dan video.
4. Koneksi Internet Kabel
Koneksi internet kabel dipergunakan untuk memberi akses internet kecepatan tinggi ke rumah atau perusahaan. Internet kabel menyediakan akses internet berkecepatan tinggi hingga 10 Mbps. M 

INTERNET

APAKAH INTERNET ITU?
Internet telah menjadi sistem komunikasi dunia yang paling luas dan umum yang sekarang menyaingi sistem telepon global dalam jangkauan dan jarak.
1. Internet berasala dari kata internetworking atau terhubungnya jaringan-jaringan terpisah, yang masing-masing memiliki identitas sendiri, mejadi jaringan yang saling terhubung.
2. Penyedia Layanan Internet
Penyedia layanan internet adalah organisasi komersial dengan koneksi tetap pada internet yang menjual koneksi tetap pada internet yang menjual koneksi sementara pada para pelanggan eceran

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus